Indonesia Ditundukkan Uzbekistan 0-3

Jakarta - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah Uzbekistan 0-3 dalam laga perdana kompetisi sepakbola AFC U-16 Championship 2010 di Stadion Pakhtakor, Minggu.

Hasil ini memaksa tim asuhan pelatih Mundari Karya harus memenangkan dua laga selanjutnya di Grup A untuk membuka jalan ke perempat final.

Sebagaimana dilaporkan Media Officer Timnas U-16, Asep Saputra, tim Indonesia sebenarnya sudah tampil cukup percaya diri, meski di depan ribuan pendukung tuan rumah.

Tim asuhan Mundari Karya mampu meladeni permainan Khakimov Timur dan kawan-kawan, dan lini pertahanan pun cukup rapat menjaga pergerakan Uzbekistan.

Namun, Indonesia yang tampil dengan kostum merah-hijau akhirnya kebobolan juga pada menit ke-31. Sebuah umpan silang dari sisi kanan pertahanan Indonesia disambut dengan tandukan Khakimov Timur yang mampu memperdayai kiper Achmad Risky Kurniawan.

"Dua pemain bek tengah kita terlalu fokus kepada bola. Akibatnya mereka tidak bisa mengantisipasi pergerakan striker Uzbekistan yang unggul dalam postur tubuh," kata Mundari Karya.

"Gol itu menjadi titik awal kebangkitan tim Uzbekistan yang sebenarnya cukup tertekan oleh penonton mereka sendiri," lanjutnya.

Pada awal babak kedua, sedikit kelengahan pada sisi kanan pertahanan Indonesia kembali mengakibatkan gol bagi Uzbekistan. Kharimov kembali menjadi mimpi buruk bagi kiper Risky Kurniawan yang sebenarnya tampil gemilang mengawal gawang Indonesia.

Uzbekistan menutup laga ini dengan skor 3-0 setelah memanfaatkan sebuah kemelut di depan gawang Indonesia pada menit ke-60. Kali ini giliran Sabirkhodjaev Sardor yang membobol gawang Kurniawan lewat tendangan kerasnya.

"Kita akui tim Uzbekistan memang unggul dalam hal fisik maupun teknik. Permainan pemain Indonesia sendiri tidaklah buruk. Mereka menunjukkan rasa percaya diri yang bagus dalam mengimbangi permainan tuan rumah," ungkap Mundari.

Selain keunggulan fisik, Timnas U-16 Uzbekistan sendiri memiliki waktu persiapan lebih lama dibanding Indonesia, yakni sejak tiga tahun lalu. Sedangkan tim Indonesia dipersiapkan selama sekitar lima bulan. (ANTARA News)

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts